Hal yang Harus Diperhatikan saat Pembuatan Desain Banner

Banner digunakan oleh masyarakat sebagai alat untuk mempromosikan suatu barang atau jasa serta juga dapat digunakan untuk memberikan informasi bagi orang lain. Namun, dalam pembuatan banner sendiri harus memerhatikan beberapa aspek agar desain yang dibuat dapat efektif dalam fungsinya. Berikut hal yang harus diperhatikan saat pembuatan desain banner.

  • Jumlah Tulisan Tak Boleh Terlalu Banyak

Pembuatan banner ynag baik dilakukan dengan jumlah tulisan yang tak terlalu banyak. Maka dari itu, Anda jangan memasukan jumlah kata yang terlalu berlebihan dalam sebuah banner. Banner akan terlihat sangat padat bila demikian, dan juga orang akan enggan untuk membacanya. Tulisan harus cukup singkat, padat, informatif dan jelas.

  • Pemilihan Warna yang Tepat

Banner akan lebih menarik bila menggunakan komposisi warna yang tepat. Salah satunya adalah dengan mneggunakan pemilihan warna yang mencolok. Akan tetapi jangan sembarangan dalam pemilihan warna tersbeut. Anda harus ingat untuk memilih warna yang menjadi identitas dari perusahaan atau bisnis yang Anda miliki.

Bila ternyata warna yang menjadi ciri khas dari perusahaan Anda adalah warna-warna yang lembut, maka Anda dapat membuat kombinasi warna. Terlebih dahulu untuk mendiskusikan mengenai kombinasi warna ini dengan desainer grafis yang telah handal jika banner yang diinginkan memiliki kombinasi warna yang menonjol.

  • Menggunakan Gambar ynag Menarik

Membuat desain dari sebuah banner dapat dilakukan secara sederhana atau simpel namun juga harus dapat menarik yakni dengan penambahan gambar di dalamnya. Gambar yang biasanya dipasang dalam sebuah banner adalah gambar yang tak mengganggu konsentrasi informasi bila penempatannya tepat. Maka dari itu, pilih gambar yang sesuai informasi.

  • Huruf yang Digunakan Mudah untuk Dibaca

Jenis huruf dan ukuran huruf yang digunakan pada penulisan banner menjadi hal yang penting dan juga harus diperhatikan. Jangan sampai Anda terlalu banyak jenis huruf dikarenakan akan dapat mengganggu pembaca untuk menangkap informasi yang terkandung dalam banner.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan ukuran huruf, jangan sampai huruf yang ada terlau kecil sehingga informasi yang ada tidak dapat terbaca. Ukuran huruf yang terlalu besarpun juga dapat menjadi masalah dikarenakan akan memakai ruang banner yang luas.

  • Posisi Logo Bisnis yang Terletak pada Bagian Paling Atas Banner

Biar desain banner lebih efektif, maka Anda dapat menggunakan logo yang diletakkan pada bagain atas banner tersebut. Hal ini dikarenakan agar posisi atas tersebut sejajar dengan mata manusia pada umumnya. Bagian yang paling atas banner juga merupakan bagian paling memiliki peluang tinggi agar dapat menarik perhatian dari banyak orang di sekitar.

Maka dari itu, Anda dapat memastikan posisi hal-hal terpenting yang terkandung dalam sebuah banner tersebut terletak pada bagian yang paling atas. Ini dilakukan agar pembaca tak perlu mencari-carai perusahaan mana asal dari bannner hingga bagian paling bawah.

  • Memerhatikan Susunan Informasi

Banyak dari orang akan memiliki kebiasaan untuk membaca suatu barang dari atas ke bawah dan juga dari kiri ke kanan. Maka dengan hal tersebut, Anda tak boleh melewatkan kebiasaan tersebut dalam pembuatan banner. Anda harus memastikan informasi yang terkandung dalam banner disusun secara runtut dari atas ke bawah serta dari kiri ke kanan.

Itulah hal yang harus diperhatikan saat Anda akan membuat desain banner untuk bisnis atau perusahanan Anda. Desain yang menarik tentunya akan membuat pembaca menjadi tertarik untuk berlama-lama membaca informasi tersebut sampai detail atau juga dapat menarik pembaca untuk menggunakan produk atau jasa dari bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.