Cara Mudah Membedakan Spare part Motor Asli dan Imitasi

Seiring berjalannya waktu tentunya Anda perlu mengganti suku cadang agar kemampuan motor tetap optimal bukan? Meski begitu sangat dianjurkan bagi Anda untuk menggunakan produk yang asli. Banyaknya spare part motor yang dijual di pasaran mengharuskan Anda lebih teliti dalam memilihnya. Berikut beberapa tips mudah membedakan suku cadang asli dan palsu.

Perhatikan Kondisi Produk dan Kemasan dengan Baik

Semua vendor produk suku cadang palsu tentunya akan berusaha keras untuk membuat dan mengemas produknya semirip mungkin dengan produk yang asli. Namun pastikan Anda jangan sampai terkecoh dan salah memilih. Terlebih lagi ketika harus membeli suku cadang dengan keadaan kemasan yang terbuka. Pastikan Anda memperhatikannya dengan saksama.

Saat memutuskan untuk membeli spare part motor, pastikan bahwa kemasan produk yang Anda beli masih dalam keadaan yang baik, tidak sobek, dan kemasan tersebut masih tertutup sempurna demi menjamin keasliannya. Tak hanya bagian kemasannya saja yang perlu diperhatikan. Pastikan Anda juga membeli produk suku cadang tempat terpercaya agar dapat produk asli.

Periksa Bagian Stiker Barcode

Pada umumnya semua produk suku cadang tentunya dilengkapi dengan stiker barcode. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan bagian stiker barcode produk suku cadang tersebut masih dalam keadaan baik dan tidak rusak. Bahkan barcode-nya bisa dibaca dengan jelas. Biasanya barcode produk asli akan sesuai dengan produk suku cadang yang diinginkan.

Untuk itu pastikan Anda memeriksa bagian stiker barcode pada kemasan produk sebelum memutuskan untuk membeli suku cadang tersebut. Pada umumnya barcode yang dikeluarkan oleh merek yang bersangkutan memiliki fisik dalam bentuk 2 dimensi dan tidak tercetak langsung pada bagian kemasan. Untuk itu pastikan Anda memeriksanya dengan jeli dan teliti.

Cek Kondisi Fisik Suku Cadang yang Akan Dibeli

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah memeriksa kondisi fisik kemasan dan suku cadang yang akan dibeli. Jangan sampai produk suku cadang yang Anda beli ternyata merupakan produk palsu. Mintalah kepada pihak pemilik toko untuk memperlihatkan suku cadang yang akan dibeli jika masih dalam keadaan tertutup rapat.

Demi menambah keyakinan Anda bahwa produk suku cadang yang Anda beli merupakan produk asli, Anda juga bisa mencari tahu informasi sebanyak mungkin terlebuh dahulu mengenai produk suku cadang yang akan dibeli. Carilah informasi di internet seputar ciri-ciri, karakteristik, perbedaan suku cadang asli dan palsu pada produk yang akan Anda beli.

Periksa Bagian Label Hologram dengan Teliti

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk membedakan produk suku cadang asli dan palsu adalah dengan memperhatikan bagian label hologram yang tertera pada kemasan produk. Pada umumnya produk suku cadang asli memiliki stiker hologram yang menempel erat pada bagian kemasan. Bahkan label stiker hologram ini juga cenderung tercetak dengan jelas.

Terlebih lagi pada umumnya ada beberapa toko atau bengkel yang bekerja sama dengan pemegang merek tersebut. Biasanya produk suku cadang asli cenderung memiliki stiker hologram dengan hologram berwarna keemasan bukan berwarna kuning. Untuk itu pastikan Anda memeriksanya dengan teliti ya.

Beli Suku cadang di Toko yang Terpercaya

Biasanya produk suku cadang asli tersedia dan dijual bebas di pasaran. Tak hanya di toko resmi saja, namun juga di toko suku cadang lain pada umumnya. Untuk itu demi mendapatkan produk suku cadang yang asli, pastikan Anda membelinya di toko yang terpercaya.

Itulah beberapa cara mudah membedakan spare part motor asli dan palsu. Pastikan Anda menerapkan beberapa hal di atas demi mendapatkan produk yang asli. Terlebih lagi produk suku cadang asli tentunya lebih aman untuk kendaraan Anda. Jangan sampai salah pilih ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.