Cara Mudah Cek dan Bayar Tagihan PDAM

Perusahaan daerah air minum atau PDAM ini merupakan salah satu unit usaha milik daerah, unit usaha ini bergerak di bidang distribusi air bersih. Mereka mendistribusikan seluruh airsnya ke masyarakat umum, unit ini terdapat di setiap provinsi di seluruh Indonesia. Unit usaha PDAM ini diawasi dan dimonitor oleh aparat eksekutif maupun legislative daerah langsung.

Perusahaan daerah air minum ini dikelola dengan cara modern, dimana PDAM ini sudah ada sejak zaman penjajahan BelAnda pada tahun 1920. Dulu PDAM memiliki nama waterleiding, sedangkan pada masa pendudukan jepang berubah menjadi suido soyo. Dulu masyarakat harus membayar tagihan PDAM ini dengan mengantri di kantor PDAM, sampai saat modern sekarang ini Anda dapat membayar tagihan PDAM melalui online saja.

Agar rumah Anda bisa dialiri air dari PDAM, Anda hanya perlu mendatangi kantor PDAM terdekat dengan membawa persyaratan dokumen seperti fotokopi KTP atau SIM sebanyak 2 lembar. Disana Anda akan diberikan formulir untuk Anda isi dan membayar untuk biaya pendaftaran, stelah itu petugas PDAM akan mendatangi rumah Anda untuk melakukan survey pemasangan. Jika perencanaan anggaran pemasangan selesai, pihak PDAM akan memanggil calon pelanggan untuk menyetujuinya. Petugas teknis PDAM akan datang ke lokasi untuk melaksanakan pemasangan pipa air minum dalam waktu kurang dari 15 hari. Setelah itu air sudah bisa mengalir ke rumah Anda, dan Anda bisa menggunakannya untuk keperluan sehari-hari.

Prosedur pemasangan atau pendaftaran PDAM di atas bisa saja berbeda-beda, tergantung kebijakan dari kantor kota atau wilayah Anda.

Untuk mengecek tagihan PDAM, pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengakses website PDAM. Pilihlah kelompok tarif yang sesuai dengan kondisi tempat tinggal Anda, setelah itu pilihlah ukuran meter air, disana masukkan jumlah pemakaian air dan setelah selesai klik “kalkulasi”. Kamu akan melihat rincian jumlah pemakaian air Anda dan jumlah yang harus Anda keluarkan untuk membayar tagihan PDAM Anda tersebut.

Membayar tagihan bulanan adalah salah satu hal yang sering kali menyita waktu, disaat kita harus bekerja kita harus menunda dulu pekerjaan kita untuk melakukan pembayaran tagihan. Hadirnya metode pembayaran online memberikan kemudahan bagi konsumennya, yang tidak bisa menunda pekerjaannya untuk keluar rumah dan mengantri di loket.

Lalu untuk cara bayar tagihan PDAM via Online Anda dapat menggunakan online shop maupun internet Banking, karena sekarang banyak online shop yang menyediakan jasa pembayaran tagihan PDAM.

  1. Buka website PDAM dan klik menu tagihan PDAM
  2. Pilihlah wilayah tempat tinggal Anda, dan masukkan nomor tagihan pelangganmu pada kolom yang tersedia di layar.
  3. Klik tombol beli atau bayar, maka selanjutnya akan muncul detail tagihan PDAM yang harus Anda bayar, bila sudah klik lanjut.
  4. Disini Anda akan disediakan beberapa cara untuk melakukan pembayaran, bisa menggunakan internet banking, kartu kredit, atau metode pembayaran instan seperti e-pay, clickpay, ataupun melalui toko waralaba.
  5. Selesai

Biasanya bila Anda menggunakan jasa online ataupun melalui toko waralaba, Anda akan dikenakan biaya administrasi. Besar kecilnya administrasi tergantung dengan kebijakan setiap penyedia jasa, bisa saja Anda menggunakan jasa A mendapat biaya administrasi yang lebih murah ketimbang menggunakan jasa B.

Bila Anda merasa keberatan dengan tagihan PDAM, Anda dapat berhenti berlangganan dengan langsung menghubungi kantor PDAM tempat kamu mendaftar. Pihak PDAM akan memberikan beberapa, seperti dokumen identitas, bukti rekening air dan juga surat persyaratan pemberhentian berlangganan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.