Cara Jitu Mencegah Mastitis pada Ibu yang Menyusui

Setiap ibu yang sudah melahirkan pastinya ingin memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya. Sayangnya tidak semua ibu bisa melakukan hal tersebut karena berbagai kendala yang mereka rasakan. Mulai dari waktu yang kurang hingga penyakit seperti mastitis. Bagi Anda yang ingin merasakan, berikut ini ada cara jitu mencegah mastitis pada ibu menyusui.

  • Berikan ASI Sesering Mungkin

Hal pertama yang mesti diketahui tentunya adalah definisi dari mastitis itu sendiri. Bagi mereka yang belum tahu, mastitis adalah sebuah gejala yang membuat ibu menyusui merasakan sakit ketika memberikan ASI kepada bayinya. Biasanya rasa sakit tersebut berada di sekitar area putting payudara. Cara jitu untuk mencegahnya adalah dengan memberikan ASI yang sering.

Hal ini bukannya tanpa alasan soalnya dengan memberikan ASI yang sering maka akan mencegah terjadinya penyumbatan aliran darah. Terutama penyumbatan yang terjadi pada area di sekitar payudara. Dengan aliran darah yang lebih lancar maka rasa sakit ketika memberikan ASI maka dapat dihindari dengan cara yang tergolong mudah.

  • Hindari Membersihkan Puting Menggunakan Sabun

Salah satu kesalahan yang masih dilakukan banyak ibu menyusui di luar sana adalah membersihkan putting menggunakan sabun. Biasanya hal ini dilakukan setelah si kecil menyusui dan dianggap mampu membersihkan putting lebih baik. Padahal pada kenyataannya, hal ini hanya akan memberikan dampak negatif. Salah satunya seperti terjadi mastitit pada mereka.

Jadi sebaiknya lebih pilih cara lain untuk membersihkan puting payudara selesai menyusui si kecil. Salah satu yang paling dianjurkan adalah menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat. Cara ini dianggap lebih aman sekaligus tetap mampu membersihkan puting dengan baik. Selain itu, cara ini juga menghindari terjadinya mastitis yang sangat mengganggu.

  • Pilih Bra yang Menyerap Keringat

Cara jitu yang terakhir untuk menghindari terjadinya gejala ini adalah dengan memilih bra yang menyerap keringat. Soalnya banyak ibu hamil yang tetap memaksakan diri menggunakan bra yang ketat hanya demi penampilan. Padahal apabila bra ketat ini digunakan dalam jangka waktu panjang bisa menimbulkan berbagai masalah. Terutama masalah seperti mastitis.

Untuk itulah, ada baiknya untuk mengganti bra ketat dengan bra yang lebih longgar dan juga mampu menyerang keringat. Kombinasi bra yang lebih longgar dan juga mampu menyerap keringat akan menjaga kondisi payudara Anda. Hal ini berguna untuk mencegah payudara terkena berbagai masalah yang sebenarnya dapat dihindari.

Proses menyusui juga membuat Anda harus memenuhi berbagai kebutuhan bayi lainnya seperti alat bantu pompa ASI. Tenang saja, karena di Orami Anda bisa mendapatkan berbagai peralatan bayi lengkap dengan penawaran harga menarik. Apalagi dengan adanya promo lebaran sale yang semakin memanjakan pelanggan dengan potongan harga terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.